Joe Biden Heboh Lihat Mobil Kenegaraan Xi Jinping, Mobil Apa Sih?

Jakarta – Dalam kunjungan resmi Xi Jinping ke Amerika Serikat, buat Joe Biden salah fokus. Bukan fokus pada urusan politik, kesan pertama yang ditunjukan Joe Biden ialah dirinya sangat terkejut dengan mobil tunggangan orang nomor satu di China tersebut.
Dikutip carnewschina, Joe biden tercengang melihat mobil Xi Jinping, bahkan Biden memujinya sebagai ‘kendaraan yang indah.

Xi Jinping diketahui menggunakan limusin antipeluru bernama Hongqi N701 saat kunjungannya ke AS. Ketahuan dari namanya, kendaraan ini merupakan mobil China dari merek Hongqi yang dikelola oleh FAW Group. Hongqi tidak hanya menjual kendaraan komersial biasa, tetapi mereka juga menjadi pemasok kendaraan kepada Pemerintah China, yang biasanya digunakan sebagai kendaraan khusus untuk pejabat tinggi.


Sebagai informasi, mobil ini tidak dijual kepada publik, jadi spesifikasi pasti dari Hongqi N701 tidak diumumkan karena tidak ada izin penjualan dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Hongqi N701 pertama kali diperkenalkan ke publik tahun lalu. Ini adalah mobil terbaru dalam garasi Presiden Xi Jinping, dan kendaraan ini telah digunakan dalam lawatan Presiden China itu ke Indonesia, Hongkong dan Rusia.


Diketahui, Hongqi N701 digunakan Xi Jinping di Indonesia dalam acara menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) di Bali. Konferensi ini menghasilkan Leader’s Declaration yang bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Dari segi desain, mobil ini tampil elegan dengan warna dominan hitam. Tentu apabila dibandingkan dengan limusin Cadillac custom milik Joe Biden, ini jauh lebih sederhana. mobil seberat 10 ton dengan dinding 20 cm, sistem pemadam kebakaran, dan tirai asap. Namun, Presiden AS mengatakan mobil ini ‘seperti Cadillac yang kita miliki’.


Mengenai mesin Hongqi N701, angka pasti dari powertrain-nya masih diragukan. Meski begitu, beberapa sumber China mengatakan bahwa mobil ini ditenagai oleh mesin V6 3 liter dengan tenaga sekitar 283 hp. Mesin ini sama dengan yang digunakan pada Hongqi H9.

Mobil konvensional berbahan bakar minyak (ICE) ini juga sudah dipadukan dengan motor listrik modern. Hasilnya, Hongqi N701 dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 462 hp.

Secara dimensi, mobil ini punya panjang 6 meter, lebar 2 meter, dan jarak sumbu rodanya 3,5 meter. Hongqi N701 memiliki empat kursi dan dilengkapi dengan jendela anti-peluru. Selain itu, mobil ini tampil dengan gril radiator besar berbentuk persegi panjang dan aksen kromnya yang mencolok.

Menurut dokumen internal Hongqi, mereka berencana memproduksi 50 unit Hongqi N701 dalam waktu sepuluh tahun ke depan. Kendaraan-kendaraan ini hanya akan digunakan untuk tugas-tugas resmi kenegaraan. Bagaimana detikers, keren abis bukan? https://mauapalagi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*