Ini 12 Tanda Tubuh Perlu Mulai Diet, Salah Satunya Perut Buncit

Jakarta – Memiliki berat badan yang ideal adalah impian hampir semua orang. Sebab, memiliki berat badan berlebih hingga obesitas dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti jantung hingga diabetes.
Tapi jangan khawatir, karena ada cara ampuh untuk mengurangi berat badan yaitu dengan diet. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga teratur agar program diet berjalan optimal.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum ‘ngeh’ kalau harus mulai diet demi menurunkan berat badan. Lantas, apa tanda-tanda tubuh kalau harus melakukan diet? Simak pembahasannya di bawah ini.

Tanda-tanda Tubuh Harus Segera Diet
Ada sejumlah tanda-tanda tubuh mengalami kelebihan berat badan. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda tubuh kelebihan berat badan dan harus segera diet.

1. Punya Berat Badan Berlebih
Terkadang, manusia sering tidak sadar kalau berat badannya sudah melebihi batas. Untuk mengetahui hal tersebut, detikers bisa melakukan pengecekan dengan body mass index (BMI) atau disebut juga indeks massa tubuh (IMT).

Dilansir Very Well Health, BMI adalah indikator umum yang berfungsi untuk mengukur berat badan manusia apakah sudah ideal atau belum. Indikator ini akan mengukur berat badan, tinggi badan, dan usia.

Untuk berat badan normal, hasil pengujian BMI berada di angka 18,5 – 24,9. Apabila hasil BMI di bawah 18,5 maka dinyatakan berat badan kurang. Sedangkan jika melebihi angka 25 maka dinyatakan kegemukan hingga obesitas.

2. Mudah Lelah
Salah satu tanda-tanda tubuh kelebihan berat badan adalah mudah lelah. Sebab, orang yang mengalami kegemukan lebih rentan mengalami kelelahan kronis.

Hal ini disebabkan oleh berat badan berlebih sehingga memberikan tekanan di sejumlah organ tubuh, salah satunya paru-paru. Ketika paru-paru tertekan, hal ini membuatnya sulit memompa udara dengan baik.

Apabila kamu gampang lelah meski melakukan aktivitas yang tidak begitu berat, maka sebaiknya mulai lakukan diet dan rutin berolahraga.

3. Perut Buncit
Tanda-tanda yang satu ini juga patut diwaspadai. Soalnya, perut buncit menjadi sinyal kalau ada kandungan lemak yang menumpuk di sekitar perut, sedangkan bagian tubuh lainnya tetap terlihat kurus.

Sebagian orang mungkin menganggap perut buncit adalah hal yang menggemaskan. Akan tetapi, lemak perut yang menumpuk bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, kolesterol tinggi, hingga diabetes.

Dalam sejumlah kasus, perut buncit sering dialami pada laki-laki. Jadi, kalau perutmu sudah terlalu buncit dan bagian tubuh lainnya terlihat kurus, maka sudah saatnya kamu harus diet.

4. Pakaian Mulai Sesak
Apakah pakaian yang sering dipakai mulai terasa sesak? Jika iya, hal tersebut menjadi pertanda kalau berat badan berlebih. Contohnya, dahulu kamu terbiasa memakai celana ukuran L, namun karena berat badan terus bertambah alhasil harus menggunakan size XL atau bahkan XXL.

5. Nyeri Sendi
Tanda-tanda lain tubuh harus mulai diet adalah sering merasakan nyeri sendi. Umumnya, nyeri ini dapat terjadi di bagian lutut, pinggang, serta punggung.

Hal ini terjadi karena lemak yang menumpuk dan berat badan terus bertambah, sedangkan tulang tidak bertambah besar. Alhasil, tulang harus menopang berat tubuhmu dan lama-lama mengakibatkan nyeri sendi.

6. Sesak Napas
Orang yang mengalami kegemukan akan lebih sering mengalami sesak napas. Mengutip situs National Heart, Lung, and Blood Institute, hal ini disebabkan karena lemak di sekitar leher dan dada dapat menyebabkan napas pendek.

Maka dari itu, orang yang mengalami berat badan berlebih hingga kegemukan akan sulit untuk bernapas akibat lemak berlebih yang menumpuk, alhasil sulit membuat udara mengalir keluar masuk paru-paru.

7. Muncul Masalah Kulit
Ketika berat badan mulai bertambah, hal ini dapat menyebabkan masalah kulit. Sebab, perubahan hormon dapat mengakibatkan area di leher atau lipatan tubuh jadi menghitam dan muncul tekstur seperti beludru. Selain itu, peregangan kulit dapat menyebabkan stretch mark.

8. Lebih Mudah Lapar
Apakah belakangan ini kamu jadi sering mudah lapar padahal baru saja makan beberapa jam yang lalu? Jika iya, hal ini menjadi pertanda kalau berat badanmu akan naik. Jika kebiasaan ini tidak dihentikan, maka detikers bisa mengalami kegemukan.

Untuk mengatasi hal itu, cobalah konsumsi camilan yang sehat dan perbanyak minum air putih. Lalu, kendalikan pikiran agar bisa menahan diri untuk tidak banyak makan dalam porsi berlebih.

9. Tidur Sering Mendengkur
Mendengkur atau ngorok disebabkan oleh getaran jaringan lunak di tenggorokan dan leher ketika menghirup napas. Saat kelebihan berat badan, hal ini membuatmu berisiko mengalami Obstructive Sleep Apnoea, terlebih jika memiliki banyak lemak di area leher.

Selain itu, orang yang memiliki lingkar leher lebih dari 43 cm umumnya lebih sering mendengkur.

10. Perut Sering Mulas
Banyak yang tidak tahu kalau kelebihan berat badan dapat memicu perut mulas, terasa panas, atau nyeri di antara tulang dada dan area tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh lemak berlebih yang menimbulkan tekanan pada sistem pencernaan, sehingga menyebabkan isi perut terdorong ke arah kerongkongan.

11. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi tak hanya disebabkan oleh stres, namun juga bisa dipengaruhi oleh kelebihan berat badan. Mengutip laman Kementerian Kesehatan, seseorang yang mengalami obesitas berisiko dua kali lipat mengalami serangan jantung koroner, diabetes melitus (kencing manis), dan hipertensi.

12. Perhatikan Lingkar Pinggang
Tanda-tanda tubuh harus segera diet yang terakhir adalah ukuran lingkar pinggang telah melebihi batas. Untuk pria, lingkar pinggang yang melebihi 90 cm menandakan kalau kelebihan berat badan, sedangkan pada wanita sudah di atas 80 cm.

Hal ini disebabkan adanya penumpukan jaringan adiposa atau penyimpan lemak yang umumnya terletak di sekitar lingkar pinggang. Pada pria, sel adiposit lebih banyak di perut terutama organ dalam. Sedangkan bagi wanita lebih banyak menyimpan lemak di bagian bokong dan paha.

Itu dia 12 tanda-tanda tubuh harus segera diet karena berat badan mulai berlebih. Jika kamu merasakan tanda-tanda di atas, segera atur program diet dan rutin berolahraga. https://bagaimanacaraya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*