Jadwal Jam Makan untuk Diet saat Makan Pagi, Siang, Malam, dan Camilan

Jakarta – Diet bukan berarti tidak mengonsumsi makanan saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jadwal makan berlangsung seperti biasa namun diatur, sehingga tubuh tidak terlalu lapar atau kenyang.
Dikutip dari Healthline, jam makan ditentukan banyak faktor misal jam kerja, tingkat kelaparan, obat yang kita minum. Nah, buat kamu yang sedang diet berikut aturan jam makan yang bisa dipraktikkan.

Jam Makan Terbaik Untuk Program Diet
Makan di waktu yang tepat mencegah tubuh mengalami lapar mata, sehingga makan apa saja tanpa ada kendali. Makan saat perut tidak terlalu lapar atau kenyang, memungkinkan pemilihan menu dengan porsi secukupnya.

1. Sarapan
Dikutip dari situs Parade, waktu yang terbaik atau jam sarapan untuk diet adalah satu hingga dua jam setelah bangun tidur, atau sekitar 12 jam setelah makan terakhir.

Apabila kamu menunggu terlalu lama untuk sarapan, mungkin kamu akan merasa sangat lapar ketika sarapan atau jam makan berikutnya. Oleh karena itu, sarapan dua jam setelah bangun tidur merupakan waktu yang terbaik.

Menu terbaik untuk sarapan adalah telur, yogurt, oatmeal, kacang-kacangan, teh hijau, dan sebagainya. Sarapan yang baik biasanya yang mengandung protein, serat, dan berbagai nutrisi. Hal tersebut akan membuatmu merasa kenyang.

2. Makan Siang
Dikutip dari situs Northwestern Medicine, makan siang sebaiknya berjarak sekitar empat hingga lima jam setelah sarapan. Misalnya, jika kamu sarapan pada jam 7 pagi, kamu dapat makan siang sekitar jam 11 hingga 12 siang.

Namun jadwal ini bisa berbeda pada setiap orang. Seperti dikutip dari situs Nutrisense, waktu terbaik untuk makan siang antara jam 12 siang hingga jam 2 siang untuk hasil yang lebih optimal.

3. Makan Malam
Banyak orang yang cenderung makan berlebihan ketika makan malam karena mereka belum cukup makan sepanjang hari. Jam makan malam harus mengikuti jadwal yang sama dengan waktu makan sebelumnya. Apabila kamu makan siang jam 12.00 siang, kamu dapat makan malam jam 17.00.

Pastikan tidak lebih dari empat hingga lima jam antara makan siang dan makan malam. Beberapa orang juga memerlukan makan camilan diantara jam makan siang dan makan malam karena sedikit orang yang makan malam pada pukul 16.00 atau 17.00.

Jadwal Ngemil saat Diet
Kamu dapat mengonsumsi camilan apabila kamu merasa memerlukannya. Tujuannya adalah untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan di antara waktu makan. Berikut ini beberapa contoh camilan yang dapat kamu konsumsi ketika diet:

Yogurt
Buah-buahan
Smoothie protein.
Pentingnya Mengatur Jam Makan saat Diet
Dikutip dari situs Yaletown Nutrition, makan secara teratur dapat memberikan tubuh kita energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi secara optimal.

Selain itu, waktu makan yang teratur juga membantu melancarkan pencernaan. Melewatkan waktu makan dalam waktu yang lama dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk makan lebih cepat atau lebih banyak dari yang kita butuhkan. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada pencernaan

Ketika melakukan diet, kita perlu untuk mengatur jam makan. Namun, mengatur kalori yang masuk dan aktivitas fisik juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan ketika diet.

Itulah tadi penjelasan tentang jam makan untuk diet. Semoga bermanfaat ya detikers. https://documentsemua.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*