Perusahaan Ini Akuisisi 30% Saham Anak Usaha Emiten Prajogo

Jakarta, CNBC Indonesia – Anak perusahaan emiten Prajogo Pangestu, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mengantongi investasi sebesar US$ 194 juta atau sekitar Rp 3 triliun dari produsen energi independent di Thailand, Electric Generating Public Company Limited atau EGCO Group (EGCO).

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah menyelesaikan proses transaksi, EGCO akan memiliki 30% saham di PT Chandra Daya Investasi (CDI) yang bergerak di bidang solusi infrastruktur.

Manajemen menegaskan, perseroan akan terus mempertahankan mayoritas saham sebesar 70% di CDI. Dana bersih yang diperoleh akan digunakan untuk pengembangan bisnis infrastruktur Chandra Asri Group dan EGCO, yang meliputi energi, air, dan fasilitas pelabuhan.

“EGCO Group terseleksi sebagai mitra pilihan Chandra Asri Group untuk mendukung pertumbuhan eksponensial bisnis infrastruktur Chandra Asri Group, setelah melalui proses seleksi investor strategis yang kuat dan komprehensif,” tulis manajemen, Rabu (13/12).

Presiden Direktur Chandra Asri Group Erwin Ciputra mengatakan, kerja sama ini akan menggabungkan keahlian perseroan di sektor kimia dan infrastruktur dengan kemahiran EGCO di bidang solusi ketenagalistrikan dan energi.

Sementara CEO EGCO Group Thepparat Theppitak mengatakan, investasi baru ini selaras dengan tujuan tujuan strategis EGCO Group untuk mengakuisisi fasilitas pembangkit listrik berbahan bakar gas yang menguntungkan.

“Investasi ini akan membantu memperkuat bisnis pembangkit listrik kami dan memperluas bisnis bahan bakar serta infrastruktur lainnya di Asean,” sebutnya.

Sebagai informasi, portofolio aset infrastruktur CDI terdiri dari perusahaan air terbesar di Indonesia, salah satu dari 2 Pembangkit Listrik Siklus Gabungan turbin gas di Indonesia, perusahaan patungan pembangkit listrik ramah lingkungan berkapasitas 200 MW dengan Posco International (perusahaan perdagangan terbesar di Korea Selatan), dan perusahaan jasa penyewaan tangki perantara serta pengelolaan dermaga terintegrasi yang berbasis di kawasan industri terkemuka di pulau Jawa.

CDI memberikan pertumbuhan lebih lanjut pada aset-aset dalam portofolionya melalui peningkatan nilai melalui keunggulan operasional, terwujudnya sinergi lintas entitas, dan mengintegrasikan praktik-praktik terbaik ESG. https://kesulitanitu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*