Emas Antam Bangkit! Harganya Nanjak Rp7.000

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Rabu (13/12/2023) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung melesat sebesar Rp7.000 menjadi Rp1.100.000.

Begitu juga dengan harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) berada di posisi Rp999.000 per gram, naik Rp7.000.

Harga emas Antam melemah sejalan dengan emas dunia bergerak turun pada perdagangan kemarin.

Pada perdagangan Selasa (12/12/2023) harga emas di pasar spot ditutup terkoreksi 0,09% di posisi US$ 1.979,44 per troy ons

Indeks harga konsumen (CPI) Amerika Serikat (AS) tercatat melandai 3,1% (year on year/yoy)pada bulan November, dibandingkan pada bulan Oktober sebesar 3,2%, sejalan dengan ekspektasi para ekonom.

Inflasi memang melandai sejalan dengan ekspektasi pasar tetapi analis melihat data tersebut belum cukup mampu untuk membuat bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) memangkas suku bunga. Hal inilah yang membuat pelaku emas kecewa.

“Data inflasi sesuai dengan ekspektasi, namun masyarakat benar-benar perlu melihat penurunan yang kuat untuk memperkuat penurunan suku bunga,” ujar Phillip Streible, kepala strategi pasar Blue Line Futures di Chicago kepadaReuters.

“Emas akan terjebak di antara US$2.050 per troy ons pada sisi positifnya dan US$1.950 per troy ons pada sisi negatifnya. Data ekonomi yang lemah dan ketegangan geopolitik dapat meningkatkan harga,” tambahnya.

Semua perhatian tertuju pelaku emas kini tertuju pada pertemuan The Fed. Bank sentral AS akan mengumumkan kebijakan pada hari ini waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia. https://bolalampupetak.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*