Erick Thohir Raih Best Leader for SOE Transformation

Jakarta, CNBC Indonesia – Media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar CNBC Indonesia Awards 2023 dengan mengusung tema ‘Maintaining Optimism Amid Uncertainty’. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada berbagai sektor usaha dan industri yang memiliki andil dalam membawa dampak positif terhadap kemajuan ekonomi tanah air.

Untuk kategori Best Leader for SOE Transformation, CNBC Indonesia Awards 2023 diberikan kepada . Penghargaan ini diberikan Erick Thohir sebagai bentuk apresiasi telah mampu menjadi tulang punggung untuk mengejawantahkan visi pembangunan Presiden RI melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kepada CNBC dan Pak CT, erima kasih atas penghargaannya. Ini bisa terjadi karena memiliki talenta terbaik. Banyak pimpinan BUMN dapat penghargaan. Secara transparan menilai pimpinan BUMN dengan KPI yang terukur, kita punya grooming,” tukas Menteri BUMN, Erick Thohir dalam CNBC Indonesia Awards 2023, Rabu (13/12/2023).

Peran besar itu misalnya kontribusi terhadap penerimaan negara yang sempat mengalami masa-masa sulit akibat Pandemi Covid-19 pada 2020. Pembayaran dividen BUMN kini telah bertumbuh normal, dan bahkan lebih baik melaju 35% pada 2022 yang merefleksikan kinerja apik perusahaan ‘pelat merah’ yang terus bangkit.

BUMN dibawah kepemimpinan Erick Thohir terus melakukan perubahan besar beberapa tahun terakhir ini. Ada banyak terobosan yang dilakukan Kementerian BUMN yang membuahkan hasil nyata untuk mengukuhkan peran vital BUMN dalam menggelarkan kemajuan bangsa.

Erick Thohir sendiri dilantik menjadi Menteri BUMN pada pada 23 Oktober 2019. Sejalan dengan prinsip Erick, ia akan melakukan transformasi BUMN meski tak mudah. Ditambah lagi dinamika ketidakpastian global masih terus menghantui dunia, termasuk Indonesia.

Salah satu peran besar yang dilakukan BUMN adalah saat Indonesia dilanda Covid-19, BUMN bergerak cepat untuk mendatangkan vaksin, padahal saat itu proses panjang birokrasi selama tujuh bulan namun, BUMN bisa mempercepat pelaksanaan vaksinasi kurang dari yang ditargetkan.

BUMN hadir sebagai agregator daripada ekonomi yang terbuka. BUMN juga bisa mengintervensi pasar dan BUMN juga menjadi pelopor dan korporasi yang good governance.

menempatkan BUMN sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional. Meskipun tak bisa dipungkiri, ada BUMN yang mengalami permasalahan keuangan seperti BUMN Karya. Kendati demikian, pembangunan infrastruktur dan juga pertumbuhan ekonomi ada andilnya.

Hasil kerja keras Erick Thohir dan jajarannya bukan hanya pencapaian angka di atas kertas. Namun image BUMN yang “kotor dan beban negara” di mata masyarakat pun mulai dibersihkan. BUMN saat ini dipandang sebagai perusahaan bonafid dan profit. Pada empat tahun terakhir, laba kontribusi BUMN untuk negara terus meningkat. Adapun kontribusi BUMN berasal dari pajak.

Erick juga berhasil dalam mentransformasi BUMN. Program ‘bersih-bersih’ BUMN tentu sudah tak asing. Bagaimana Erick Thohir dan tim menyelamatkan para pensiunan, aset negara yang dikorupsi oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Ini sebuah prestasi BUMN bersama lembaga lain seperti Polri, KPK, Kejaksaan yang sudah membantu agenda ini.

Diantaranya, BUMN telah berhasil membubarkan tiga perusahaan BUMN. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Iglas (Persero), dan PT Industri Sandang Nusantara (Persero).

Pembubaran ini bukan tanpa alasan, perusahaan-perusahaan BUMN yang dibubarkan tersebut sudah tidak beroperasi sejak lama, serta tidak ada kepastian untuk karyawannya. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, ketiga perusahaan BUMN yang dibubarkan itu memang mencatat saldo rugi pada 2020.

Selain itu, ada pula kasus Jiwasraya yang nilainya Rp 16, 8 triliun, ditambah lagi Asabri sebesar Rp 22,8 triliun, belum lagi kasus-kasus lainnya yang sebelumnya ‘bersih-bersih’ ini belum terjadi.

Tahun depan, Kementerian BUMN Erick Thohir berkomitmen mengembangkan BUMN di berbagai sektor pada 2024, termasuk restrukturisasi dan penyehatan BUMN karya atau yang bergerak di bidang infrastruktur.

Erick Thohir berjanji akan merampungkan sebanyak 88 proyek strategis Kementerian BUMN pada 2024. Pengawasan dari penyelesaian proyek ini juga didorong melalui tim khusus bernama strategic delivery unit.

Erick Thohir menyebutkan bahwa saat ini sebanyak 90% dari seluruh proyek strategis yang menjadi tanggung jawab BUMN telah selesai. Sisanya, 10% diproyeksikan baru akan rampung pada 2024, atau sebelum pemerintahan yang baru terbentuk.

Dalam pengawasannya, Kementerian BUMN telah membentuk Strategic Delivery Unit (SDU) yang berada langsung di bawah Menteri dan Wakil Menteri BUMN. Langkah ini bertujuan mendorong percepatan penyelesaian proyek tersebut.

Adapun, sebagai langkah transformasi, Erick Thohir telah membentuk tim berdasarkan pola kerja korporasi guna memudahkan koordinasi antara perusahaan pelat merah dengan Kementerian BUMN. Tim ini membidangi sejumlah urusan, mulai dari hukum, sumber daya manusia, hingga teknologi dan informasi. https://lepassaja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*