5 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kulit, Jangan Diabaikan!

Jakarta, CNBC Indonesia – Kulit adalah lapisan pelindung yang penting bagi tubuh kita. Karena itu, menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Kesehatan kulit juga erat kaitannya dengan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Tingkat kecukupan nutrisi yang optimal dan kebiasaan makan yang sehat dapat dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit.

Berikut adalah sejumlah kebiasaan yang bisa merusak kulit dengan cepat yang dirangkum tim CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. Terlalu banyak konsumsi gula

Kulit terdiri dari kolagen dan elastin, yang membuat kulit kita kenyal dan lembut. Gula merusak ikatan kolagen yang mengakibatkan kulit menjadi kaku dan kehilangan elastisitas. Semakin banyak gula yang kita konsumsi, semakin menderita kulit kita. 

Mengonsumsi terlalu banyak gula juga bisa memperburuk kondisi kulit seperti psoriasis dan jerawat. Mengonsumsi gula secara berlebihan bahkan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan kulit kendur.

2. Malas membersihkan muka

Kotoran yang menumpuk di wajah seiring waktu bisa menjadi masalah besar yang mengganggu kesehatan kulit. Karena itu, jangan pernah malas membersihkan wajah setiap hari, terutama sebelum tidur. 

“Kotoran, minyak, dan polusi menumpuk dan menyebabkan peradangan dan jerawat,” kata Joshua Zeichner, MD, dokter kulit di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, seperti dikutip dari WebMD.

Gunakan pembersih lembut yang mengandung pelembab seperti gliserin untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. 

3. Terlalu banyak konsumsi gorengan

Makanan yang digoreng mengandung zat yang menyebabkan radikal bebas berbahaya dan meningkatkan level peradangan. Jika Anda menggoreng atau menggunakan api besar setiap hari untuk memasak, risikonya semakin tinggi. 

Namun bukan berarti semua minyak tidak sehat. Untuk pencegahan kerutan, pilihlah lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun. 

4. Merokok

Nikotin mengurangi aliran darah ke kulit, yang berarti kulit Anda tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi. Tak cuma itu, bahan kimia dalam tembakau merusak protein kolagen dan elastin yang membentuk struktur kulit Anda, kata dokter kulit Yoon-Soo Cindy Bae, MD, dari Pusat Bedah Laser dan Kulit di New York.

“Kulit seorang perokok tipis, kusam, lebih keriput, dan sulit untuk disembuhkan,” katanya.

Ditambah lagi, bertahun-tahun mengerutkan bibir untuk menahan rokok atau menyipitkan mata untuk menghindari asap dapat memperdalam garis-garis dan menyebabkan lebih banyak kerutan di area tersebut.

5. Sering Bergadang

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti UCLA menemukan bahwa kurang tidur satu malam saja dapat membuat sel-sel kita menua lebih cepat. Ini karena kurang tidur mengaktifkan gen yang terkait dengan penuaan biologis pada tubuh manusia dewasa. 

Tidur malam yang cukup bukan hanya cara untuk mencegah kerutan, tetapi juga akan membuat Anda lebih sehat. https://sayurkana.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*