Siap Disebar! Ini Cara Cek Penerima BLT Jokowi Rp600 Ribu

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp200.000. BLT diberikan untuk periode tiga bulan, yaitu Januari-Maret 2024 dengan total Rp600.000.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Konferensi Pers Hasil High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta dikutip Selasa (30/1/2024)

“Jumlahnya Rp 200 ribu per bulan, sehingga tentu ini kita baru anggarkan yang disetujui Bu Menkeu dievaluasi 3 bulan, jadi sampai Maret dulu nanti kita evaluasi nanti berikutnya, kita lihat kembali,” ungkapnya.

Total penerima adalah 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Anggaran yang disiapkan oleh Kementerian Keuangan sebesar Rp11,2 triliun. Rencana penyaluran adalah Februari 2024.

“Kalau untuk 3 bulan itu Rp 11,25 triliun,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada kesempatan yang sama.

Begini cara cek daftar penerima BLT:

  • Buka browser dan masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Masukkan data wilayah penerima yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa
  • Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  • Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf
  • Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol Cari Data dan klik
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS dan berhak mendapatkan BLT https://sayurkana.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*